Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Mama (2013) - Keabadian Cinta Seorang Ibu

Mama (2013)

Mama (2013)

Actors: Jessica Chastain, Nikolaj Coster-Waldau, Megan Charpentier Director: Andy Muschietti Release Date: 17 January 2013
Rating
6.2/10

Jeffery merupakan seorang ayah dari dua anak perempuan bernama Victoria (3 tahun) dan Lily (1 tahun), pada krisis 2008 Jeffrey menembak mati istri dan rekan kerjanya. Dengan panik Jeffery membawa Victoria dan Lily mengendarai mobil di tengah pegunungan bersalju, licinnya jalanan membuat mobil mereka tergelincir hingga terjatuh ke sebuah jurang. Mereka berhasil selamat, kemudian berjalan menuju hutan hingga menemukan sebuah rumah dan memasukinya. Jeffery yang sangat frustasi berencana membunuh dirinya beserta kedua anaknya, namun dapat dihentikan oleh sesosok hantu yang dipanggil Mama dengan membunuhnya.

Sejak kematian Jeffery, Victoria dan Lily diasuh oleh Mama hingga ditemukan lima tahun kemudian oleh pemburu yang disewa oleh kembaran Jeffery bernama Lucas. Lucas dan pacarnya, Annabele kemudian mendatangi dinas sosial untuk melihat keadaan Victoria dan Lily. Perkembangan Victoria dan Llily dipantau oleh seorang dokter bernama Gerald. Diakibatkan isolasi yang telah berlangsung beberapa tahun, membuat kedua anak ini menjadi bertingkah seperti hewan. Awalnya Victoria dan Lily bersikap agresif kepada Lucas, hingga Lucas memberi Victoria sebuah kacamata yang membuat Victoria memeluknya karena salah menganggap Lucas adalah Jeffery. Perebutan hak asuh terjadi antara Jeffery dan Jean, bibi dari istri Jeffery. Namun dengan bantuan Gerald, Lucas dapat memenangkan hak asuh tersebut.

Gerald sebenarnya memiliki alasan kenapa dia membantu Lucas, alasan itu adalah untuk mendapatkan jawaban mengenai sosok Mama yang sering disebut oleh Victoria dan Lily. Berbeda dengan Lily, perkembangan Victoria semakin signifikan bersamaan dengan hal itu kehadiran Mama mulai dirasakan oleh Lucas dan Annabele. Hingga suatu malam ketika hendak mengecek kamar Victoria dan Lily, Lucas yang sedang mengamati sebuah retakan di luar kamar kedua anak tersebut tiba-tiba diserang oleh Mama hingga mengakibatkan dirinya mengalami koma. Annabele tanpa bantuan Lucas tetap merawat kedua anak tersebut.

Misteri mengenai sosok Mama mulai terungkap oleh Gerald, dia menemukan berkas mengenai Edith seorang pengidap penyakit jiwa yang meninggal pada tahun 1800an. Selain dokumen, Gerald juga mendapatkan sebuah kotak berisi mayat dari bayi Edith atau Mama. Di sisi lain Lucas mendapatkan penglihatan mengenai Jeferry yang memintanya untuk menyelamatkan anak-anaknya di sebuah rumah di hutan, penglihatkan tersebut lantas membuatnya tersadar dari koma. Gerald mulai menyadari bahwa Mama bukan lah sosok imajinasi buatan Victoria dan Lily, melainkan sosok lain yang sulit dijelaskan oleh sains. Untuk mendapatkan bukti lebih banyak, dia mendatangi rumah di tengah hutan namun dibunuh oleh Mama.

Annabele mendapatkan mimpi mengenai Edith yang dipisahkan dari anaknya karena harus mendapatkan pengobatan, Edith lalu membawa kabur anaknya dan melompat dari sebuah tebing untuk menyelamatkan diri dari kejaran warga. Di ruangan yang berbeda, Lily mengajak Victoria keluar untuk menemui Mama namun Victoria menolaknya. Lily ditemukan oleh Annabele keesokan harinya, Lily yang meronta-ronta dapat ditenangkan oleh Annabele dan membuat hubungan mereka semakin dekat, namun membuat Mama cemburu. Annabel mengambil alih file dan mayat anak Edith yang didapatkannya dari kantor Gerald, dan mengerti bahwa Mama masih menganggap anaknya hidup. Mama yang cemburu menyerang Annabele hingga pingsan, kemudian melampiaskan kemarahannya kepada Jean yang datang berkunjung dan membunuhnya lalu menggunakan badannya untuk membawa Victoria dan Lily ke hutan.

Setelah sadar, Annabele yang tidak menemukan keberadaan Victoria dan Lily langsung bergegas menuju hutan. Di perjalanan, dia menemukan Lucas lalu bersama menuju rumah di hutan namun hanya menemukan mayat Jean. Ketika mereka keluar rumah, mereka melihat Victoria dan Lliy berada di tebing tempat Edith bunuh diri. Mereka pun menghampirinya, namun dihadang oleh Mama saat hendak membawa Victoria dan Lily pulang. Annabele memberikan mayat anak Mama dan membuat Mama tersadar bahwa anaknya telah meninggal, namun Mama tidak berhenti untuk membawa Victoria dan Lily. Mama lalu menyerang Lucas hingga tak sadarkan diri dan mengajak Victoria beserta Lily untuk terjun ke tebing, Annabele berhasil menarik tali baju Victoria. Membuat Victoria membatalkan keinginannya untuk bersama Mama, namun Lily tetap tenang di gendongan Mama dan terjun ke tebing. Lucas tersadar lalu memeluk Victoria dan Annabele.

Sinopsis disubmit oleh: Amma

Posting Komentar untuk "Sinopsis Mama (2013) - Keabadian Cinta Seorang Ibu"