Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis The Shining (1980) - Teror Hotel Kamar 237

The Shining (1980)

The Shining (1980)

Actors: Jack Nicholson, Shelley Duvall, Danny Lloyd Director: Stanley Kubrick Release Date: 23 May 1980
Rating
8.4/10

Jack yang merupakan seorang penulis, mendapatkan pekerjaan lepas selama musim dingin untuk menjaga hotel bernama Hotel Overlook yang terletak di sebuah gunung. Sebelum dia menerima pekerjaan ini, manager hotel menceritakan tentang penjaga hotel sebelumnya yang membunuh seluruh keluarganya dan bunuh diri di hotel tersebut. Namun Jack tetap menerima pekerjaan ini dan mengatakan bahwa itu merupakan hal bagus karena bisa menjadi sumber insprasi untuk novelnya. Dalam menjalankan pekerjaan ini, dia mengajak serta istrinya, Wendy dan anak laki-lakinya, Danny. Sesampainya di hotel, mereka bertiga diajak oleh manager hotel untuk berkeliling. Mereka juga diperkenalkan kepada koki hotel bernama Halloran, Halloran kemudian mengajak Danny untuk berbincang karena dia tahu Danny memiliki kemampuan telepati yang sama dengan dirinya yang di sebut shining. Halloran juga mewanti-wanti agar selama tinggal di hotel mereka harus menjauhi kamar nomor 237.

Pada awalnya semua berjalan dengan baik, namun lambat laun hal aneh mulai terjadi kepada keluarga ini. Jack yang tengah mengerjakan novelnya kesulitan untuk berkonsentrasi, hingga menjadi orang yang temperamental. Sedangkan Danny mulai diganggu dengan penampakan dua gadis kembar yang menempati kamar 237. Pada suatu ketika Jack ketiduran ketika sedang mengerjakan novelnya dan dia bermimpi telah membunuh Wendy dan Danny. Dia menceritakan mimpinya kepada Wendy dan Wendy pun menenangkannya. Tak lama setelah itu, Danny muncul dengan luka memar di lehernya. Wendy menyalahkan Jack atas luka yang ada pada Danny. Wendy menuduh Jack bukan tanpa alasan, Jack pernah melakukan tindakan abusif kepada Danny ketika dia dalam pengaruh alkohol. Oleh sebab itu, Jack berhenti untuk meminum alkohol.

Jack yang kesal kemudian menuju ke bar dan mendapati seorang bartender bernama Lloyd, dia lalu menenggak alkohol dan menceritakan kekesalannya. Wendy dengan panik menghampiri Jack dan bercerita bahwa dia merasa ada orang lain yang tinggal di hotel tersebut, tepatnya di kamar 237 dan orang itu lah yang telah mencekik Danny. Di sisi lain, Halloran merasa akan ada hal buruk yang menimpa keluarga Jack, dia kemudian menelpon Hotel Overlook namun tidak tersambung karena sedang ada badai. Jack kemudian memastikan bahwa tidak ada siapapun di kamar 237, namun dia malah mendapati wanita cantik yang berubah menjadi wanita tua yang telah mencekik Danny. Jack lalu bergegas ke kamar mereka dan mengatakan kepada Wendy bahwa tidak ada apa-apa, namun Wendy yang ketakutan mengatakan bahwa dia ingin pergi dari hotel tersebut sehingga membuat Jack marah.

Ketika keluar dari kamar, Jack mendapati sebuah pesta dan mulai larut di dalamnya. Hingga dia bertemu dengan Grandy, pelayan yang bunuh diri setelah membunuh keluarganya. Grandy mengatakan kepada Jack bahwa keluarganya telah menghalangi tugasnya untuk menjadi pelayan, sehingga dia harus menanganinya. Di sisi lain, Halloran yang cemas dengan keadaan keluarga Jack lalu mendatangi Hotel Overlook. Wendy menemukan naskah yang ditulis Jack hanya bertuliskan “All work and no play makes Jack a dull boy”. Di belakang Wendy, Jack menanyakan pendapat Wendy mengenai naskahnya. Namun Wendy malah merasa terancam lalu memukul kepala Jack hingga pingsan, dan menguncinya di Gudang penyimpanan makanan.

Wendy berusaha kabur dengan Denny, namun Jack yang masih terkunci mengatakan bahwa mereka tidak bisa kabur karena Jack telah merusak mobil salju yang tersimpan di garasi. Pada malam harinya, Jack yang sebelumnya terkunci di gudang telah berhasil keluar dengan bantuan Grandy. Dia langsung berjalan menuju kamar dengan membawa kapak yang kemudian dia ayunkan ke pintu yang membuatnya berhasil masuk ke kamar. Untungnya Danny berhasil diselamatkan oleh Wendy melalui jendela kamar mandi, sedangkan Wendi yang terjebak lalu mengambil pisau dan melukai tangan Jack. Bersamaan dengan itu, Halloran telah sampai di hotel, namun Jack berhasil membunuhnya.

Halloran yang sudah meninggal memberikan arahan kepada Danny agar bisa selamat, dia kemudian membuat Danny yang sedang dikejar oleh Jack menuju labirin hotel. Danny berhasil selamat dari kejaran Jack dengan membuat jejak palsu, di waktu yang bersamaan Wendy berhasil keluar dari hotel. Mereka berdua kemudian berhasil kabur menggunakan mobil milik Halloran, sedangkan Jack masih kesulitan untuk menemukan jalan keluar hingga mati membeku. Film ini ditutup dengan sebuah foto yang menunjukkan sebuah pesta dengan sosok Jack di dalamnya.

Sinopsis disubmit oleh: Amma

Posting Komentar untuk "Sinopsis The Shining (1980) - Teror Hotel Kamar 237"