Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Incantation (2022) - Kutukan Sekte Ajaran Kuno

Incantation (2022)

Incantation (2022)

Actors: Hsuan-yen Tsai, Sin-Ting Huang, Ying-Hsuan Kao Director: Kevin Ko Release Date: March 18, 2022
Rating
6.2/10

Li Ronan, seorang ibu dari anak perempuan berusia enam tahun bernama Dodo, merekam sebuah video yang berisi permintaan kepada penontonnya untuk menghafal simbol dan mantra demi keselamatan putrinya.

Enam tahun sebelumnya, Li Ronan bersama pacarnya, Dom dan sepupu Dom yang bernama Yuan telah melanggar suatu pantangan yang telah dianut oleh sebuah desa dengan memasuki sebuah trowongan terlarang. Warga di desa ini masih merupakan kerabat dari Dom dan Yuan, dan menganut sebuah kepercayaan bernama Yunnan Kuno yang menyembah Bunda Buddha. Mereka datang tepat saat desa tersebut sedang mengadakan persembahan, sehingga warga desa melarang orang asing masuk ke daerah tersebut. Li Ronan awalnya dianggap sebagai orang asing dan diminta untuk meninggalkan desa, namun Yuan menjelaskan bahwa Li Ronan merupakan pacar Dom sehingga Li Ronan bukan keluarga asing dan diperbolehkan untuk tinggal.

Li Ronan, Dom, dan Yuan kemudian diminta untuk menyerahkan nama mereka kepada Bunda Buddha. Selesai menyerahkan nama mereka, seorang gadis kecil menunjuk ke perut Li Ronan dan mengatakan bahwa Bunda Buddha menyukai gadis kecil yang berada di kandungan Li Ronan. Namun Li Ronan terkejut karena dia tidak mengetahui bahwa dirinya hamil. Setelah acara penyerahan nama selesai, mereka bertiga memantau prosesi persembahan dan menemukan gadis kecil yang ditemui sebelumnya telah tak sadarkan diri di sebuah terowongan. Warga desa telah memperingatkan mereka untuk menjauhi terowongan tersebut, namun Dom dan Yuan memaksa masuk ke dalam untuk merekam isi terowongan dan membuat mereka berdua tewas. Kamera yang Yuan bawa berhasil diambil oleh Li Ronan, namun isinya tidak dapat diputar kembali.

Setelah tragedi tersebut, Li Ronan melahirkan Dodo lalu menitipkannya ke panti asuhan karena Li Ronan membutuhkan pengobatan psikis. Ketika Dodo telah berusia enam tahun, Li Ronan menjemput Dodo ke panti asuhan untuk merawatnya. Namun kejadian aneh malah menimpa mereka berdua hingga Dodo yang semula merupakan anak yang sehat menjadi anak yang sering sakit-sakitan. Karena Li Ronan dianggap tidak mampu merawat Dodo, maka dinas sosial meminta Dodo kembali untuk dirawat oleh panti asuhan. Li Ronan yang tidak terima kemudian membawa Dodo pergi, dibantu oleh Ming, perawat Dodo di panti asuhan.

Mereka bertiga pergi ke sebuah kuil untuk menyembuhkan penyakit Dodo, pemilik kuil bersedia membantu Dodo dengan syarat Dodo tidak boleh makan selama tujuh hari agar ritual yang dilakukan dapat berhasil. Namun Li Ronan melanggar syarat tersebut dengan memberikan Dodo makanan dan membawanya ke rumah sakit, hal ini membuat pemilik kuil meninggal. Di sisi lain, Ming berusaha memulihkan rekaman milik Yuan dan melakukan investigasi mengenai agama Yunnan Kuno. Namun dengan menonton rekaaman tersebut, membuat Ming mendapatkan semacam kutukan yang mengakibatkan dirinya sakit dan berakhir meninggal. Sebelum meninggal, Ming secara tidak sengaja telah mengirimkan rekaman tersebut kepada Li Ronan. Ternyata rekaman tersebut memperlihatkan sebuah wajah dari patung Bunda Buddha yang seharusnya dibiarkan tertutup, namun malah dibuka oleh Dom. Siapapun yang melihat wajah dari patung Bunda Buddha akan meninggal, alasan ini yang mengakibatkan Dom, Yuan, dan Ming meninggal secara mengenaskan.

Li Ronan membuat rekaman dengan meminta maaf kepada penonton karena telah membuat mereka menghafal mantra dan simbol di awal film, karena mantra ini ditujukan untuk menyebarkan kutukan sehingga kutukan yang ditanggung Li Ronan menjadi ringan. Sebelum melahirkan Dodo, Li Ronan telah mengetahui hal ini dan berniat untuk meringankan kutukan yang sedang menimpanya. Di akhir film memperlihatkan Li Ronan yang sudah berada di dalam terowongan terlarang, kemudian dia menutup matanya dan membuka wajah patung Bunda Buddha. Dia kemudian memukul-mukulkan kepalanya ke tanah.

Sinopsis disubmit oleh: Amma

Posting Komentar untuk "Sinopsis Incantation (2022) - Kutukan Sekte Ajaran Kuno"